UNIT POLISI MILITER T-BRIGADE 

Unit Polisi Militer dari Tijger Brigade dibentuk dari personil KNIL, yg mendapat latihan inisial mereka di Inggris. Dan personil dari unit sukarelawan pertama yg tiba di Malaka, setelah latihan inisial mereka di Inggris. Di Malaka mereka dipusatkan di pantai Charley. Dan disana mereka melanjutkan latihan mereka dengan instruktur yg dipinjam dari Inggris. Komandan yg pertama adalah Letnan Poel.

 

Karena unit MP tidak mempunyai kendaraan mereka sendiri, mereka berpatroli bersama anggota-anggota polisi militer Inggris. Dengan jalan ini mereka mempelajari tugas mereka dengan praktek langsung dan bertingkah laku di dalam bertugas.

 

Pada tgl. 8 Maret 1946 mereka termasuk unit pertama dari Tijger Brigade yg berlayar ke Semarang dan tiba disana tgl. 12 Maret 1946. Setelah ketibaan mereka langsung memulai tugas polisi yg berbeda-beda.

 

Pada tgl. 14 Agustus 1946 korps Polisi Militer dibentuk, mengikuti garis orginasasi Inggris dan cabang di Batavia. Karena perubahan organisasi Polisi Militer di Semarang, berganti nama mereka pada tgl. 6 Oktober menjadi Kompeni Polisi Militer 6, dengan kapten J.F.E Westerweel sebagai komandannya.

 Kembali