KOMPENI SUPLAI DAN TRANPORTASI 4

Kompeni Suplai dan Tranportasi 4 diberi nama panggilan “the dairy maids” (pembantu harian) adalah unit sukarelawan yg dibentuk pada musim gugur tahun 1945 dan dilatih di Belgia yg setelahnya dibawah komando Grup Tentara 21 dan dengan dibawah nama Kompeni Transportasi Umum Belanda (Neth. G.T Coy) menyuplai pasukan Inggris.

 

Pada tgl. 30 April 1946 mereka berlayar dengan Sibajak menuju Hindia Belanda Timur dan tiba di Batavia tgl. 30 Mei 1946. Setelah tiba disana Kompeni Suplai dan Tranportasi 4 berada dibawah komando Divisi B, walaupun truk-truk mereka belum tiba dari Belanda sampai akhir Juni 1946.

 

Selama Aksi Polisi I Kompeni Suplai dan Tranportasi 4 beroperasi dengan Brigade V dan terus beropersai sampai tgl. 20 Maret 1948 ketika Kompeni Suplai dan Tranportasi 4, minus satu peleton yg dipindahkan ke Batavia, pindah ke Semarang dan Salatiga dan berada di bawah komando Tijger Brigade.

 

Pada waktu selang waktu Aksi Polisi II pada tgl. 18 Desember 1949 Kompeni Suplai dan Tranportasi 4 mengangkut Resimen Infantri 1-15 ke Kalibentang yang akan terbang ke Magoewo, lapangan udara di Jogjakarta. Setelahnya tugas utama mereka adalah mengangkut perlengkapan dan makanan sampai mereka berlayar meninggalkan Hindia Belanda Timur dengan Zuiderkruis pada tgl. 2 Juli 1947. Mereka tiba di Rotterdam pada tgl. 26 Juli 1949.

 

Komandan

Maj. A. Meuwese

 Kembali